Wakil Bupati Tulang Bawang Minta Kejelasan Proses Aktivasi BPJS Kesehatan, Keluarga Pasien Meninggal Dunia Diduga Akibat Lambatnya Layanan


Tulang Bawang, Rabu (16 April 2025) -  Kasus  kematian  Hendrik,  pasien  RSUD  Menggala  yang  diduga  terjadi  akibat  lambatnya  aktivasi  BPJS  Kesehatan,  menimbulkan  keprihatinan  dan  pertanyaan  besar  mengenai  proses  aktivasi  BPJS  Kesehatan  di  Kabupaten  Tulang  Bawang.  Keluarga  almarhum  Hendrik  menuding  lambatnya  aktivasi  BPJS  menyebabkan  Hendrik  meninggal  dunia  dalam  keadaan  kritis  setelah  dipindahkan  dari  ruang  ICU  ke  ruangan  rawat  inap.

 

Ketua  DPD  LBH  PKR  Joni  Senajaya  menemui  Wakil  Bupati  Tulang  Bawang,  Hamka,  untuk  berkoordinasi  terkait  kasus  ini.  Joni  menilai  bahwa  pemerintah  terkesan  menyepelekan  dan  menghambat  masyarakat  yang  kurang  mampu  untuk  mendapatkan  bantuan  verifikasi  BPJS  gratis.

 

"Apabila  persyaratannya  lengkap  berkasnya  sudah  tidak  ada  hambatan  maka  BPJS  yang  sudah  memenuhi  syarat  atau  lengkap  seharusnya  sudah  bisa  langsung  aktif  atau  di  gunakan,"  tegas  Hamka.  "Contohnya  saya  meminta  Andika  ke  kantor  BPJS  nyatanya  langsung  aktif  pada  hari  itu  juga.  Kalau  berkasnya  dinyatakan  lengkap,  surat  keterangan  tidak  mampunya  ada,  seharusnya  langsung  diproses  dan  diaktifkan.  Kemarin  buktinya  langsung  aktif."

 

Namun,  fakta  di  lapangan  berbeda.  Keluarga  pasien  Hendrik  mengatakan  bahwa  proses  pendaftaran  BPJS  kesehatan  di  dinas  kesehatan  yang  ditangani  Bu  Elsi  menjelaskan  bahwa  aktivasi  BPJS  harus  berdasarkan  prosedur  dari  pusat  dan  dilakukan  setiap  awal  bulan.  "Prosedur  proses  pendaftaran  BPJS  harus  berdasarkan  prosedurnya  dari  pusat  untuk  mengaktifkan  BPJS  setiap  awal  bulan,"  jelas  Elsi.  "Bukan  langsung  diaktifkan  sekarang  karena  pihak  dinas  cuma  melakukan  verifikasi  aja  sesuai  aturan  pemerintah  pusat."

 

Pihak  RSUD  Tulang  Bawang  juga  memberikan  alasan  yang  tidak  jelas  dan  diduga  membodohi  keluarga  pasien.  "Jika  memang  BPJS-nya  sesuai  aturan  tidak  bisa  diajukan  lagi  aturan  BPJS  kalau  sudah  lewat  3x  24  jam  maka  nya  kita  pindahkan  pasien  dari  ICU  ke  ruangan  rawat  inap  untuk  meringankan  biaya  jika  harus  dibayar  pakai  umum  sementara  untuk  sekarang  sudah  mencapai  Rp  9  juta  lebih  yang  harus  dibayar,"  ungkap  Kas  Manajer  RSUD.

 

Kasus  ini  menimbulkan  pertanyaan  besar  mengenai  transparansi  dan  efisiensi  pelayanan  BPJS  Kesehatan  di  Kabupaten  Tulang  Bawang.  Keluarga  almarhum  Hendrik  menuntut  kejelasan  dan  pertanggungjawaban  dari  pihak  yang  terkait  atas  kematian  Hendrik.  Mereka  juga  mengharapkan  agar  pemerintah  dapat  meningkatkan  kualitas  pelayanan  BPJS  Kesehatan  agar  tidak  terjadi  kasus  yang  sama  di  masa  depan.

 

Redaksi : MitraTribrataNews.my.id

 

Pewarta: Humas/ANDR

0 Komentar

Posting Komentar